5 Makanan Khas Purwakarta Yang Pas untuk Oleh Oleh


Makanan khas Purwakarta

Makanan Khas Purwakarta – Siapa sih yg tidak sukai makan, pasti semuanya sukai. Bukanlah sukai lagi sih lantaran makan yaitu satu keperluan pokok untuk manusia. Dengan makan kita memperoleh daya untuk lakukan aktivitas kebiasaan kita keseharian. Buat kamu yang tengah mencari makanan khas, iya anda. Tentu tengah mencari info tentang makanan khas kota purwakarta kan? Ngaku deh, hehe.

Pasti kalian semua udah pada penasaran kan apa aja sih makanan khas dari Purwakarta , daripada makin penasaran mending kita langsung mulai aja yahh ^_^.

⌲⌲ CEKIDOT !! 

 1. Makanan Khas Purwakarta Yang Mendunia – Sate Maranggi

 


Apa sih yang ada di pikiran kamu ketika menyebut kuliner apa yang khas dari Purwakarta, Jawa Barat? Pasti banyak yang menyebutkan nama Sate Maranggi. Sate Maranggi ini memang masih menjadi primadona pengunjung dan wisatawan sejak 1990. Rasanya yang begitu khas membuat Maranggi terkenal seantero nusantara.
Tekstur dagingnya yang empuk dan dibumbui dengan irisan tomat, kecap, dan cabe rawit hijau. Daging yang disajikan yaitu daging ayam, kambing, dan sapi yang dibakar hingga renyah.
“Di sini spesialnya yaitu bumbu tomat dan rasanya. Soalnya cuma dari bumbu kecap dan sambal tomat yang diulek. Kalau untuk daging semuanya lokal,” kata Rabbulkhair, seorang karyawan, Sate Maranggi Cibungur, Purwakarta, Jawa Barat. Untuk lokasinya, warung sate maranggi Cibungur mulai diperluas sejak didirikan tahun 1990 oleh Hj. Yetty.
Warung itu kini berisi lebih dari 105 meja dengan lahan parkir yang luas di kelilingi hutan jati. Total ada 200 karyawan yang bekerja di sana. Bagi kamu ingin mencoba dan memang harus mencobanya, kamu bisa datang ke Jalan Raya Bungursari, Bungursari, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.Mengenai harganya, Sate Maranggi tergolong cukup murah dan terjangkau.

2. Oleh-Oleh dan Makanan Khas Purwakarta – Simping

   
Sebuah makanan yang berbentuk bulat dan pipih ini merupakan makanan khas Purwakarta. Simping adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan adonan tepung terigu dan tepung tapioka ini dibuat dengan cara di panggang dengan cetakan khusus.
Dahulu simping hanya mempunyai satu varian rasa saja, akan tetapi seiring berkembangnya industri kuliner dan permintaan dari para konsumen, membuat simping saat ini mempunyai banyak varian rasa yang renyah seperti rasa bawang, pisang, nangka , pandan, coklat stroberi, hingga keju.
Supaya lebih menarik, warna dari simping ini pun disesuaikan dengan varian rasanya. Makanan khas Purwakarta ini dapat kamu miliki dengan harga 5.000-10.000 rupiah saja, simping juga bisa menjadi pilihan kamu sebagai buah tangan khas Purwakarta dengan harga yang sangat terjangkau.
Salah satu simping yang cukup terkenal di daerah Purwakarta yaitu simping MA’ANI Kaum yang bisa ditemui di daerah Kaum Babakan di Jl. Baing Marjuki No.8 Rt.07/02 Purwakarta.

3. Makanan Khas Purwakarta – Peuyem Bendul


Nih ada lagi oleh-oleh yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Purwakarta yakni peuyeum bendul. Peyeum bendul yang merupakan makanan khas yang terbuat dari tape singkong ini akan digantung dan sedikit terlihat mencolok dari kejauhan.
Walaupun begitu cita rasanya yang khas membuat begitu enak dan lezat saat disantap. Jadi, jangan lewatkan untuk mencoba makanan peuyeum ini. Kamu bisa mendapatkannya di Jalan Raya Bendul.

4. Makanan Khas Purwakarta – Colenak




Makanan khas setelah itu yakni colenak. Colenak sendiri masihlah saudaranya peuyeum lantaran adalah makanan yang memiliki bahan peuyeum atau tape yang lalu dibakar. lantas ditambahkan satu bumbu manis dari gula merah serta kelapa yang disangrai. Hingga merasa gurih serta kriuk waktu mengkonsumsinya.

4. Opak & Rengginang

Opak adalah makanan khas Sunda daerah Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras. Nutrisi yang terkandung dalam opak adalah karbohidrat. Bahan dasar pembuatan opak adalah tepung beras, garam, gula, dann bumbu bumbu penyedap lainnya. Kemudian bahan dasar dicampur menjadi sebuah adonan. Adonan kemudian dikeringkan. Setelah kering kemudian dipanggang di atas bara api. Sedangkan untuk Rengginang itu sendiri yaitu makanan yang terbuat dari ketan yang di kukus lalu pipihkan, setelah itu di jemur sampai kering. bila ingin memakannya harus di goreng terlebih dahulu. rasa rangginang ini sungguh gurih dan lezat apalagi bila campuran rangginang ini dicampur dengan terasi, wah.... aromanya wangi dan rasanya lebih nikmat. O'iya, rangginang ini biasanya ada 2 macam, ada yang terbuat dari ketan putih dan ada juga yang terbuat dari ketan hitam. .

5. Makanan Khas Purwakarta – Ayam Goreng “Sajolna” Jawaranya Purwakarta 

Ketika berkunjung ke Purwakarta, belum lengkap rasanya jika tanpa mencoba salah satu makanan khas jawara Purwakarta yakni ayam goreng Sajolna, bagi kamu pecinta Ayam goreng, dan Pemburu kuliner, harus merasakan sensasi makan Ayam goreng basah yang di sajikan di Rumah Makan Sajolna.
Ayam goreng kampung yang digoreng setengah kering ini sangat cocok di santap dengan sambal dadak yang mempunyai rasa pedas luar biasa yang disajikan di atas cobek tanah liat, sungguh nikmat rasanya jika di santap dengan sepiring nasi panas dengan lalapan yang segar.
Selain itu Rumah Makan Sajolna juga menyediakan berbagai macam kuliner khas Jawa Barat lainnya, seperti karedok dan ikan peda goreng juga merupakan menu andalan dari RM Sajolna.
Nih yang kamu bisa mencobanya di Jl. LetJend. Basuki Rahmat 157, Purwakarta. Buka setiap pukul 09.00-21.00.
Nah, tersebut sebagian makanan khas Purwakarta yang paling hits serta paling istimewa pastinya di Purwakarta. Pokoknya jangan pernah terlewati serta berbeda sekali mencicipinya ya, sayang bila hanya lewat atau bertandang saja. Hehe 😁
Mudah-mudahan artikel ini berguna, dapat memberi wawasan serta janganlah lupa tinggalkan tinggalkan pesan lewat cara click berbagi serta komen ya. Terimakasih sudah berkunjung 😉


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Purwakarta